Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf
Kurikulum 2024 adalah kurikulum terbaru yang akan diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21.
Salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam Kurikulum 2024 adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). PAI merupakan mata pelajaran yang penting karena mengajarkan tentang nilai-nilai agama Islam dan bagaimana mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf adalah dokumen yang berisi tentang garis-garis besar materi yang akan diajarkan dalam mata pelajaran PAI di tingkat SMP. Silabus ini disusun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
Struktur Silabus
Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
- Identitas
Bagian identitas berisi tentang identitas mata pelajaran, seperti nama mata pelajaran, kelas/tingkat, semester, jumlah jam pelajaran, dan nama guru pengampu.
- Kompetensi Inti
Kompetensi inti adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada suatu tingkat tertentu. Kompetensi inti dalam PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf meliputi:
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah menyelesaikan pembelajaran pada suatu unit tertentu. Kompetensi dasar dalam PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf meliputi:
- Melaksanakan ibadah mahdah dengan syari’at yang benar.
- Melaksanakan ibadah ghairu mahdah dengan tata cara yang benar.
- Mengamalkan akhlak terpuji dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghargai perbedaan antara mukmin dan mu’minat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ukhuwah islamiyah.
- Menyikapi berita bohong atau hoaks dengan sikap selektif dan kritis.
- Menunjukkan sikap toleransi dalam menjalankan ibadah agama.
- Menafsirkan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
- Menjelaskan dasar-dasar akidah dan ibadah agama Islam.
- Mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghargai perbedaan antara umat beragama di Indonesia.
- Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang akan diajarkan dalam mata pelajaran PAI di SMP. Materi pembelajaran dalam PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf meliputi:
- Al-Qur’an dan Hadis
- Akidah
- Ibadah
- Akhlak
- Sejarah Kebudayaan Islam
- Fiqih
- Penilaian
Penilaian adalah proses untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menguasai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Penilaian dalam PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf meliputi:
- Penilaian harian
- Penilaian tengah semester
- Penilaian akhir semester
Manfaat Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf
Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf memiliki beberapa manfaat, antara lain:
- Memberikan gambaran yang jelas tentang materi yang akan diajarkan dalam mata pelajaran PAI.
- Membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran.
- Membantu peserta didik dalam memahami kompetensi dasar yang harus dikuasai.
- Menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian.
Kesimpulan
Silabus PAI SMP Kurikulum 2024 Pdf merupakan dokumen yang sangat penting bagi guru dan peserta didik. Silabus ini memberikan gambaran yang jelas tentang materi yang akan diajarkan dalam mata pelajaran PAI, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, membantu peserta didik dalam memahami kompetensi dasar yang harus dikuasai, dan menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian.