Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2024
A. Kompetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan masyarakat.
- Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, alam, dan lingkungan sosial.
- Mencoba, mengolah, dan menyampaikan pikiran dan perasaan dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain dengan mempertimbangkan isi dan estetika.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu, tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif serta kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi dengan efektif.
- Menyikapi dan menyelesaikan masalah berdasar pada rasa ingin tahu terhadap hasil observasi, kemudian merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan menyimpulkan dengan menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu.
- Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif dalam menerapan teknologi dan informasi dengan menggunakan, mengurai, memilih, memodifikasi, dan atau membuat program komputer serta mengoperasikan media sosial.
- Berpartisipasi dan berkontribusi dengan memberikan ide, gagasan, dan tindakan nyata untuk mewujudkan masyarakat yang inklusif, toleran, dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan.
B. Kompetensi Dasar
- 1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan masyarakat
1.3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, alam, dan lingkungan sosial
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyampaikan pikiran dan perasaan dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain dengan mempertimbangkan isi dan estetika
1.5. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu, tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
1.6. Mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif serta kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi dengan efektif
1.7. Menyikapi dan menyelesaikan masalah berdasar pada rasa ingin tahu terhadap hasil observasi, kemudian merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan menyimpulkan dengan menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu
1.8. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif dalam menerapan teknologi dan informasi dengan menggunakan, mengurai, memilih, memodifikasi, dan atau membuat program komputer serta mengoperasikan media sosial
1.9. Berpartisipasi dan berkontribusi dengan memberikan ide, gagasan, dan tindakan nyata untuk mewujudkan masyarakat yang inklusif, toleran, dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1. Menjelaskan tentang pentingnya menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.2. Menunjukkan perilaku menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.2.1. Menjelaskan tentang pentingnya menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan masyarakat
1.2.2. Menunjukkan perilaku menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,